Minggu, 23 Juni 2013

Cara membuat peta petir (dengan surfer)

1. Buka summaries dlm progam petir yg ada di komputer --> mk akan menemukan format .ldc

2. Ubah .ldc ke .kml , caranya : buka progam linghting2000-> view -> archive -> milih yg ada gambar kyk bumi ->pilih tombol play -> silang -> kesimpen dalam bentuk .kml

3. Ubah .kml ke .csv (pake microsoft excel)

4. Ngubah .kml ke .srf (pake software linghting data processing), caranya file -> open -> pilih file nya -> save

5. Trus pilih proses -> set parameter -> proses -> surfer

6. Close -> export to surfer

7. Buka surfer -> grid, data -> ubah X (lat),Y(long), Z --> export ke .grd

Kamis, 09 Mei 2013

Bangunan Tahan Gempa

Materi ini saya dapatkan waktu mengikuti kuliah Seismologi Teknik 
yang disampaikan oleh Bapak Rinto

GEMPA BUKAN BENCANA YANG MEMATIKAN, BANGUNAN YANG BURUKLAH YANG MEMBUNUH MANUSIA.
  
Sebenernya seperti apa sih bangunan-bangunan tahan gempa itu ? Dibawah ini sebagian sari dari “Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa, Dilengkapi dengan, Metode dan Cara Perbaikan Konstruksi“. Sistem struktur untuk bangunan gedung dan rumah tinggal pada umumnya hanya mengunakan dua macam sistem struktur, yaitu:
 
1.  Struktur dinding pemikul;
2. Struktur rangka pemikul yang terdiri dari struktur rangka sederhana dengan dinding pengisi untuk menahan beban lateral (beban gempa) secara bersama-sama, dan struktur rangka balok dan kolom kaku untuk menahan beban lateral (dinding pengisi tidak diperhitungkan memikul beban).

Peta yang sudah ada saat ini memang masih merupakan peta skala besar yang bukan merupakan peta untuk kebutuhan tehnis konstruksi. Tentu saja ini perlu diupdate, diperbaharui serta dibuat dalam skala kecil sehingga lebih detail dan sesuai untuk kebutuhan konstruksi, misalnya peta kerentanan gempa.

Mahir (insyaAllah) nyandi synop dalam 4 halaman

Berawal dari curcol :D
Jadi kan gini, di sini, di stasiun geofisika kepahiang itu ada pengamatan synop (meteorologi) nya. Karena secara sy waktu kuliah jurusan geofisika (pernah sih diajarin waktu tingkat 1 tentang synop, tapi sebagian ada yg lupa #parach ).....

Makanya, sesampainya di stasiun, saya ngeringkes sebagian sandi2 synop buat pegangan saya waktu pengamatan (maklum lah, belum apal :D )

Yang mau monggo, bisa didonlot di sini ya agan-agan sista-sista ^_^ siph

Kamis, 21 Februari 2013

Cara perhitungan b-value secara manual

Step-step perhitungan b value secara manual (dengan excel) :

1. Download data gempa via USGS (misal pada koordinat 100-104 BT dan 2LU- 2 LS)

2. Skets grid (misal per 2 derajat) --> jadi nanti ada 4 perhitungan excel, yaitu :
    a. 100 - 102 BT dan 2 LU-0LU
    b. 100 - 102 BT dan 0 - 2 LS
    c. 102 - 104 BT dan 2 LU - 0 LU
    d. 102 - 104 BT dan 0 - 2 LS

3. Masing2 tadi dihitung nilai a dan b dengan rumus least square ;
4. Kalau masing2 nilai b value dan a value udah ketemu (a,b,c,d) tinggal di plot di arcmap 
next page