Minggu, 03 Mei 2015

Pengalaman Ke San Fransisco dalam rangka AGU Fall Meeting

Assalammu'alaikum wr wb.
Kali ini saya akn share tentang pengalaman saya ke San Fransisco selama kurang lebih 2 minggu.
Di sana saya diundang oleh AGU Fall Meeting.
Semula gak nyangka juga bisa terpilih dari Indonesia, sendiri pula.
Awalnya iseng-iseng aja sama temen-temen buat daftar, dan ga ngarep-ngarep banget, malah lupa kalo udah daftar itu karena waktu pengiriman abstrak dengan pengumumannya itu sangat lama jangka waktunya.
Semula takut dan bingung, tapi itu adalah hal berharga yang ga pernah saya lupakan.
Bisa bertemu dengan teman-teman baru, bisa melihat dunia luar.





Saya mau share beberapa hal, yaitu :
1) Cara apply untuk mendapatkan funding
2) Cara ngurus passport dan visa
3) Ngurus beberapa hal perjalanan
4) Sesampai di San Fransisco
5) Saat udah di sana ngapain aja

Oke, jadi gini :
1) Cara apply untuk mendapatkan funding
Gimana caranya? Dulu kami bertiga menanyakan ke pihak pemberi funding yaitu grants@agu.org. Nanti ada link (link nya tiap tahun itu berbeda) yang dalamnya itu kita disuruh mengupload CV dan menjawab beberapa pertanyaan. Kalau tidak salah seperti ini pertanyaannya :
a. Tentang data diri
b. Apa keuntunganmu dengan menghadiri AGU Fall Meeting
c. Apa kontribusimu buat institusi / buat negaramu
d. Saat perjalanan kamu pinjem uang ke siapa dulu? (karena penggantian selama perjalanan untuk makan itu belakangan), dll.

2) Cara ngurus passport dan visa
Kalau passport, aku udah punya passport ijo dari sekitar Juni 2014. Dulu ngurusnya di kantor imigrasi Yogyakarta pas liburan. Iseng-iseng aja ngurus passport. Kalau seingetku, kita nanti disuruh ngisi formulir online dulu di web imigrasi dan membayar biaya via transfer dulu.
Kalau mau ngurus visa ke Amerika, caranya gini :
a. Isi online dulu aplikasi visa tentang data diri kita dan kapan kita mau wawancara
b. Bayar biaya visa
c. Ke kedutaan Amerika dengan membawa berkas yang diperlukan
d. Wawancara dengan bule di sana

Karena stepnya panjang, mungkin akan aku posting di postingan tersendiri.

Aku dua kali ngurus visa, visa Amerika sama visa jepang karena transit ke Jepang.
Ngurus visa ke Jepang lebih mudah daripada visa ke Amerika. hehe.... Kapan-kapan inshaaAlloh aku share...

Tapi, sebenarnya buat PNS lebih enak pake passport biru, nanti yang ngurusin instansi kita... Aku juga udah punya passport biru, tapi tahunya belakangan, jadi visa Amerika baru tahu kalau lebih enak pake passport biru.

Kalau visa udah jadi, nanti kita disuruh buat upload visa lagi (nunjukin ke AGU kalau kita berhasil ngurus visa kita)

3) Ngurus beberapa hal
Nah, saat AGU ngasi tahu kita terpilih menghadiri AGU Fall Meeting, nanti kita dikasi link baru lagi, isinya event-event apa aja yang ingin kita hadiri dan nanti dihubungi pihak travel khusus buat AGU buat mesenin tiket pesawat kita.

Sebenarnya ceritanya masih bersambung.....
Banyaaaak banget hal ingin saya bagi...
Tapi saya sedang bekerja jadi inshaaAlloh saya lanjutkan lagi kapan-kapan...

next page