Kamis, 31 Desember 2015

Cara membeli tiket tram di Poland

Ini hal yang sepele tetapi mungkin ada beberapa yang bingung karena dulu saya juga bingung :D :D
Jadi saya pengen share bagi mereka yang membutuhkan moga-moga bisa sedikit membantu... :)

Beli tiket tram itu ada 3 cara :
1. Beli di toko (biasanya yang jual toko-toko yang jual majalah, buku, rokok, dll bukan di supermarket)
Nanti bilang "Bilet" , misalnya penjaga tokonya ga bisa bahasa inggris.

Kalau mau nanya seseorang bisa bahasa inggris enggak, nanyanya :
>> Informal
 Mowi po angielsku? dibaca muvi po anggielsku?

>> Formal
Przyprasam, czy pan(pani) mowi angielsko?" bacanya "Peseprasam, ce pan (panyi) muvi anjielsko?" artinya "Permisi, apakah saudara bisa bicara (bahasa) inggris?" bisa digunain kalau bingung dan pengen nanya ke seseorang :D

2. Beli di pinggir jalan (ada tempat khusus)
Di pinggir jalan deket halte tram biasanya ada kotak merah orange buat beli tiket (foto nyusul ya :D)
Belinya bisa pake uang cash atau kartu ATM.

3. Beli di dalem tram
Di dalem tram juga ada, tapi belinya bisanya hanya pake kartu.

Di negara-negara lain, cara beli tiket ada yang langsung ke sopir bus nya, ada juga beli di lorong dekat information centre pusat kota (tetapi tergantung juga, yang disedian di information centre biasanya utk tiket yang paket, misalnya paket 3 hari atau 5 hari).

Oh ya, untuk jalur transportasi-nya, ada negara yang menyediakan map-map detail gratis di jalan atau tiap negara punya apliaksi khusus untuk rute (bisa download di play store, jadi nanti nggak bingung, misalnya di Poland Jakdojade.pl , di LUX mobiliteit.lu , Paris Metro & RER , ......)

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum ke Poland (legalisir Ijazah dan travel insurance)

LEGALISIR IJAZAH jika ingin ngurus sendiri :)

Sebelumnya ijazah ditranslate dulu ke penerjemah tersumpah (atau bisa translate ke bahasa Polish dulu karena translate ke Polish di sini mahal :D kemarin ga translate :D ) atau diNOTARISkan karena wajib ada cap notaris/penerjemah tersumpah sebelum dikasi ke kemenhumkan. Atau kalau enggak, di kemenhunkan nanti disediain KERTAS untuk minta cap kampus dan tanda tangan Dekan atau ttd yang ada di ijazah jika mau tanpa notaris.

Legalisasi ijazah Indonesia pada intinya ke dua tempat ini :
1. Kemenkumham >> alamat Jl. HR Rasuna Said, Kav. 6-7 Kuningan, Jaksel (seberang Plaza Festival Kuningan)

2. Kemenlu >> Jalan Pejambon no.6 Jakpus (deket STA Gambir)


TRAVEL INSURANCE untuk pengajuan visa
Bisa beli di penyedia travel insurance atau kalau beli tiket biasanya sudah sekalian sepaket sama travel insurance :)

Cara membuat Visa Poland

Sebelum menuju ke embassy, penuhi persyaratan Visa Schengennya dulu :
1. Isi formulir online lalu di print
2. Passport
3. Foto 3.5x4.5 (buat jaga-jaga)
4. FC KTP, KK, Akte kelahiran
5. Travel insurance
6. Copy rek tabungan (buat jaga-jaga)
7. Surat referensi bank (tdk harus, buat jaga-jaga)
8. Surat dari kantor (tdk harus, buat jaga-jaga)
9. Bukti booking pesawat atau bukti pesen (ini gak harus bayar di awal, beberapa maskapai jg bisa ngasi gratis)
10. Surat sponsor (yang dapet beasiswa, kalau punya ini gak perlu point 6,7,8)

Senin, 28 Desember 2015

BELAJAR BAHASA POLISH (1)

Pada dasarnya, belajar bahasa Polandia (polish) ada beberapa hal, yaitu :
(1) Perubahan Noun
(2) Perubahan Verb
(3) Perubahan Adjective

Perubahan Noun :
a. Mianownik
b. Biernik
c. Dopelniacz
d. Nardzednik
e. Miejnownik
f. Celownik

Perubahan Verb
a. Wchoraj (kemarin) >> dokonane dan niedokonane
b. Teraz (sekarang)
c. Jutro (besok) >> dokonane dan niedokonane

Perubahan Adjective
a. Comparative
b. Superlative

Ini belum selesai (masih mau buat power point di setiap case nya)
next page