Sabtu, 17 Desember 2011

Tanggap Bencana

Apa yang harus kita lakukan sebelum, saat, dan setelah gempa bumi????
Sebelum ::
1. Kesadaran untuk mencari pengetahuan tentang gempa bumi.
2. Membuat konstruksi rumah yang berpondasi beton atau sekat antar ruangan dibuat dari kayu/triplek ( bagi yang belum membangun rumah).
3. Meletakkan barang-barang berat, seperti almari, jauh dari jendela dan pintu.
4. Merekatkan barang berat tersebut ke tembok dengan paku.
5. Mengetahui jalur evakuasi yang telah dibuat oleh pemerintah daerah.( bila belum, maka usulkan ke pemda untuk membuatnya)

Senin, 26 September 2011

Akademi Meteorologi dan Geofisika

Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Rabu, 22 Juni 2011

Integrasi Numerik

Metode TRAPESIUM

f=@(x)(1-x.^2);
a=input('aku mauk a:');
b=input('aku mauk b:');
n=input('aku n:');

I=0;
h=(b-a)/n;
if a>b |a==b
    disp ('Ups...salah...')
end
for i=1:n-1
    I=I+2*f(a+h*i);
end
I=I+f(a)+f(b);
I=(h/2)*I;

format long
I

Minggu, 12 Juni 2011

Siapa bilang taruna AMG cupu n bisanya cuma ngamatin gempa-iklim-cuaca doank?

Apa bener sich taruna AMG itu cuma bisa masalah gempa, cuaca, atau iklim doank? Nggak donk... Justru di luar itu, taruna AMG memiliki kegiatan-kegiatan dan lomba- lomba intern yang rutin diadakan pertahun.. Apa sajakah itu?

1. Lomba baris-berbaris
Nah, ini dia salah satu lomba yang diadakan di AMG tiap tahunnya. Jadi tidak sia-sia donk selama ini taruna-taruni AMG latihan LBB karena justru dengan latihan LBB, jiwa korsa dan disiplin kita akan terbentuk Seperti yang dikatakan Pak Ernes, janganlah bosan dengan kebiasaan. Jadi, janganlah bosan dengan kata-kata yang selalu beliau katakan karena kebosanan seseorang menunjukkan mental orang itu sendiri. Kalau melakukan kegiatan yang rutin aja bosan, gimana kalau udah kerja besok? Padahal kan PNS itu kan melakukan hal-hal yang rutinitas...

Kebiasaan taruna AMG sepulang kampus

Gimana sih kehidupan di AMG itu? Apaan sih yang dilakuin taruna AMG kalo habis ngampus itu? Dari pengamatan penulis, berikut ini kebiasaan-kebiasaan taruna AMG, ada kubu kebiasaan baik, ada pula kubu kebiasaan buruk.

Kubu Kebiasaan Baik
Nah, ini dia nih taruna-taruni AMG yang pantas untuk dicontoh dan diteladhani.

1. Ngajar Les
Nah, ini dia nih kerjaan taruna-taruni AMG sepulang kampus. Hampir 15% taruna-taruni AMG menjadi guru les privat yang tersebar ke seluruh pelosok Bintaro dan sekitarnya. Cakupan ngajar mereka gak cuma ratusan meter, bahkan ada pula yang mengajar sampai angka kilometer. Waw? Bayangkan saja, ada yang sampai mengajar di daerah Pondok Indah, Lebak Bulus, Pertukangan yang jaraknya tidak salah kalau jauh.

Minggu, 05 Juni 2011

7 Kosan Ter- Seputar AMG

Artikel ini ditulis atas permintaan kak I Putu Dedi Pratama ^^ ( ni kak, udah saya buat... hehehe...sebenarnya mau saya tambahin foto tiap kosan, tapi belom sempet jepret-jepret ^^)

Banyak sekali kosan yang ada di sekitar AMG, mungkin radiusnya bisa mencapai 500 m, tetapi sayang belum ada yang melakukan penelitian berapa radius taruna-taruni AMG bermukim.
Dari banyaknya kosan yang ada, tentu saja ada kosan ter-seputar AMG. Kalau di trans 7, ada acara spot yang menampilkan 7 hal-hal unik, maka kali ini penulis akan menampilkan 7 hal yang tak kalah uniknya pula. Kosan mana saja ya? Cekidot sahabat... ^^

Rabu, 18 Mei 2011

Soal Tes Penerimaan taruna Baru AMG ( Akademi Meteorologi dan Geofisika)

Kisi-kisi Soal AMG :

Matematika
1. Logaritma
2. Limit
3. Pertidaksamaan
4. Matrix
5. Persamaan kuadrat
6. Trigonometri
7. Barisan dan deret
8. Garis singgung
9. Peluang
10. Integral
11. Differensial
12. Vektor dan skalar
13. Suku banyak
14. Lingkaran
15. Bangun ruang

Fisika
1. Alat ukur
2. Dimensi
3. Kalor
4. Bunyi
5. Dinamika
6. Kinematika
7. Fluida Statis
8. Fluida Dinamis
9. Dualisme gelombang partikel
10. Listrik

Bahasa Inggris
1. Main idea
2. Synonym
3. Meaning of word
4. Preposition
5. Tenses

Diterima atau tidaknya seseorang adalah hasil dari kerja kerasnya selama ini. Maka lekaslah belajar rajin agar mampu mengerjakan soal sipencatar AMG dengan baik.

Tak apalah hari ini bersusah payah karena kelak kesuksesan pasti menghampiri diri kita.

Telah Terbit!!!

BUKU LATIHAN SOAL SIPENCATAR AMG

Dalam 1 buku terdiri atas 12 paket latihan soal yang bisa membiasakan dengan soal-soal yang pernah keluar pada sipencatar AMG :

6 paket soal tes potensi akademik; masing-masing paket t.a. 100 soal
6 paket soal tes bakat skolastik; masing-masing paket terdiri atas 60 soal

Dilengkapi dengan :
info seputar AMG
pembahasan dan kunci jawaban 3 paket TPA dan 6 paket TBS

Referensi buku ini :
- Soal-soal Tes Bakat Skolastik AMG 2009-2011
- SOal-soal Tes Potensi Akademik AMG 2006-2011
- Soal-soal penerimaan cpns departemen pemerintah D3/S1/S2 tahun 2006-2009
- Soal-soal psikotes penerimaan PNS departemen pemerintah 2006-2010

- Buku-buku sukses belajar psikotes

Info lebih lanjut hubungi 085 629 043 74
Atau bisa dilihat di sini http://amg-kampusku.blogspot.com/
Atau juga bisa via page fb Buku AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika)


Kami minta maaf kalau mungkin melakukan kesalahan atau mungkin melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan. Niat kami hanya ingin membantu agar adik-adik SMA sederajat bisa lebih percaya diri dalam menghadapi tes sipencatar AMG 2012/2013.


"Bila aku diberikan waktu 8 jam untuk menebang pohon, maka akan kugunakan waktu 6 jam untuk mengasah kapaknya."

Jumat, 22 April 2011

Penerimaan taruna baru Akademi Meteorologi dan Geofisika 2011/2012

Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), pada Tahun Akademik 2011/2012 menerima para pemuda/pemudi Warga
Negara Indonesia untuk dididik menjadi Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika dengan ketentuan sebagai berikut :

A. PROGRAM / JURUSAN.
Program Diploma III jurusan Meteorologi, Program Diploma III jurusan Geofisika dan Program Diploma III jurusan Instrumentasi dan Program Diploma III Jurusan Klimatologi. Berikatan dinas dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tidak diasramakan. Pendidikan dilaksanakan dalam 6 (enam) semester dengan Praktek Kerja di stasiun BMKG di seluruh Indonesia.

1 Tahun pertama : Kuliah semester I dan II
2 Tahun kedua : Praktek kerja di stasiun BMKG
3 Tahun ketiga : Kuliah semester III dan IV
4 Tahun keempat : Kuliah semester V dan VI

B. PERSYARATAN CALON TARUNA:
1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna.
2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2010.
3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
4. Bebas narkoba sebelum dan selama pendidikan.
5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi atau Teknik Komputer untuk program D-III jurusan Instrumentasi.
6. Rata-rata nilai Fisika, Matematika dan Bhs. Inggris pada dua semester terakhir SMA/MA/SMK minimal 70.0 dan tidak ada nilai dibawah 65 (skala 100) pada masing-masing mata pelajaran tersebut .
7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
8. Tinggi badan minimal 165 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
9. Sanggup bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika selama minimal 5 ( lima ) tahun sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lihat juga : Kisi-kisi Ujian Masuk AMG
next page